Langsung ke konten utama

[Interest] The Vitruvian Man by Leonardo Da Vinci

Berbicara soal karya seni, sejujurnya aku bukanlah orang yang terlalu paham mengenai karya seni, atau hal-hal di dalamnya. Tetapi, saat sebuah karya seni memengaruhi dunia ke depannya, aku rasa hal yang menarik untuk di bahas.
Kali ini, akan dibahas mengenai karya dari maestro terkenal Leonardo Da Vinci, seorang seniman sekaligus ilmuwan dimana teori-teorinya memengaruhi dunia. Salah satu lukisannya yang terkenal hingga kini adalah lukisan wanita cantik Monalisa. Tapi, kali ini yang akan kutulis adalah mengenai mahakaryanya yang lain, yakni lukisan The Vitruvian Man. Nama Vitruvian berasal dari nama seorang arsitek dan insinyur militer Romawi, Markus Vitruvius Pollio yang menurut informasi hidup sekitar 100 tahun sebelum masehi. Berbagai buku yang ditulisnya adalah buku-buku mengenai arsitektur. Rupanya, seorang Vitruvius ini menjadi inspirasi Da Vinci dalam menciptakan karyanya.




Apa hubungan Vitruvian Man dan Vitruvius ?

Yang mendasari seorang Leonardo Da Vinci, menggunakan nama Vitruvius dalam lukisannya berasal dari berbagai catatan-catatan karya Vitruvius mengenai arsitektur, dimana menurut Vitruvius proporsi sebuah bangunan itu harus terkait dengan manusia yang menghuninya. Ukuran bagian-bagian dari sebuah bangunan haruslah memiliki efek terhadap pikiran manusia, dimana manusialah yang akan menjadi penghuninya. Berbagai teori ilmu arsitektur Vitruvius, diadaptasi oleh Da Vinci yang pada saat itu tertarik dengan ilmu anatomi. Hal tersebut terjadi, karena konon Da Vinci diharuskan oleh gurunya yang bernama Andrea del Verrocchio
. Lukisan The Vitruvian Man ini adalah lukisan yang menggabungkan berbagai unsur, yakni unsur seni, sains, dan spiritual dalam satu lukisan. Memang, Da Vinci tidaklah pernah main-main dalam membuat sebuah karya selalu terdapat filosofis yang mendalam di setiap karyanya.
Mengenai lukisan The Vitruvian Man, risetnya bukanlah riset yang main-main. The Vitruvian Man merupakan lukisan Da Vinci yang menggambarkan bagaimana proporsi tubuh manusia yang ideal atau banyak dikatakan sebagai proporsi tubuh manusia yang sempurna. The Vitruvian Man merupakan lukisan dengan gambar seorang laki-laki tanpa busana yang terlentang di dalam sebuah lingkaran dan persegi. Dalam risetnya, Da Vinci bersama gurunya bekerja sama dengan seorang dokter, untuk mempelajari dan menyusun sebuah buku tentang teori anatomi tubuh manusia. Dalam melukis The Vitruvian Man dikatakan bahwa Da Vinci menggunakan berbagai perhitungan agar karyanya ini menjadi karya yang sempurna. Banyak yang mengatakan, bahwa setiap lukisan Da Vinci menggunakan perhitungan golden ratio. Golden ratio atau rasio emas didefinisikan oleh Euclid seorang ahli Matematika Yunani adalah jika pada suatu garis dibagi menjadi dua segmen, rasio dari bagian lebih besar dengan keseluruhan garis adalah sama dengan rasio bagian lebih kecil dengan bagian lebih besar pada garis tersebut.

Ya begitulah mungkin sedikit informasi mengenai perhitungan perbandingan pada lukisan The Vitruvian Man. Kembali pada lukisan The Vitruvian Man, sebenarnya apa arti dari lukisan yang fenomenal dan teorinya mendasari berbagai disiplin ilmu pada saat ini ? Berikut akan dibahas sedikit mengenai penjelasan The Vitruvian Man, dan perbandingan bagian-bagian tubuh manusia yang ideal yang dikutip dari salah satu blog mengenai ilmu ergonomi yang banyak dipelajari di sekolah-sekolah seni.



A. Tubuh.
Tinggi tubuh manusia ideal kurang-lebih sama dengan 8 kali ukuran panjang kepalanya, atau 8 kali jarak dari siku ke ujung ketiak. Proporsinya adalah sebagai berikut:
1.                  Kepala.
2.                  Dagu (ujung kepala) hingga ke bagian tengah dada (kira-kira pada posisi puting payudara perempuan).
3.                  Bagian tengah dada hingga ke pusar.
4.                  Pusar hingga ke selangkangkan.
5.                  Selangkangan hingga ke bagian tengah paha.
6.                  Bagian tengah paha hingga ke bagian bawah lutut.
7.                  Bagian bawah lutut hingga ke bagian tengah tulang kering.
8.                  Bagian tengah tulang kering hingga ke tapak kaki.
Kemudian,
1.      Tinggi tubuh manusia kurang lebih sama dengan 10 kali panjang jengkalan tangannya.
2.      Posisi selangkangan kurang lebih adalah titik tengah dari tinggi manusia dewasa
3.      Panjang bentangan lengan seseorang kurang lebih sama dengan lebar panggulnya.
4.      Panjang bentangan kedua lengan, dari ujung jari paling kiri ke yang paling kanan sama dengan tinggi tubuh.
5.      Panjang tapak kaki seseorang sama dengan panjang lengan bagian bawahnya.
6.      Lebar maksimum bentangan dada seseorang kurang lebih sama dengan seperempat tinggi tubuhnya.
7.      Lebar telapak tangan kurang lebih sama dengan 4 jari.
8.      Panjang kaki seseorang kurang lebih sama dengan 4 kali lebar tapak tangannya.

B. Kepala.
a. Mata berada tepat di bagian tengah kepala.
Proporsi kepala bisa dibagi menjadi 3 bagian yang sama panjang:
1.                  Dari ujung kepala (akar rambut) sampai ke bagian bawah kening.
2.                  Bagian bawah kening sampai ke bagian bawah hidung.
3.                  Bagian bawah hidung sampai ke bagian bawah dagu.
b. Lebar kepala kurang lebih sama dengan 4-5 kali lebar mata.
c. Panjang kepala (dari akar rambut sampai bagian bawah dagu) kurang lebih sama dengan panjang satu jengkal tangan.
Panjang kepala seseorang kurang lebih sama dengan 3 kali jarak dari ujung dagu ke hidungnya.
d. Jarak antara mata kanan dan mata kiri sama dengan lebar mata.
e. Tinggi telinga sama dengan jarak dari ujung mulut ke ujung mata.
f. Lebar bagian bawah hidung sama dengan lebar mata.
g. Lebar mulut saat terkatup sama dengan jarak antara 2 bola mata, atau lebar mata.
h. Panjang wajah seseorang kurang lebih sama dengan 3 kali panjang telinga atau 3 kali jarak dari ujung kening ke alis.


Gambar di atas juga merupakan contoh penggunaan perbandingan golden ratio, yang berawal dari karya Da Vinci, The Vitruvian Man. Diketahui, ternyata Da Vinci bukan hanya menerapkan golden ratio pada lukisan ini saja, melainkan pada lukisannya yang lain antara lain pada lukisan Monalisa, dan lukisan The Last Supper.
Teori mengenai anatomi tubuh manusia tersebut telah banyak memengaruhi dan menjadi landasan dalam berbagai keilmuan, antara lain ilmu kedokteran, teknik, matematika, dan bahkan dunia arsitektur. Berbagai perhitungan yang detail oleh Da Vinci dalam lukisannya sungguh memberi dampak yang besar bagi perkembangan ilmu pengetahuan di dunia.
            Dalam lukisan The Vitruvian Man, Da Vinci menggambarkan bahwa manusia merupakan mikrokosmos atau bentuk kecil dari alam semesta. Manusia merupakan miniatur dari alam semesta karena manusia terdiri dari air, tanah, api, dan udara. Tubuh manusia menyerupai bumi, yang digambarkan oleh Da Vinci menjadi sebuah lingkaran dalam lukisannya. Saat seseorang telentang dengan kaki dan tangan dibuka lebar, jari tangan dan kakinya akan menyentuh keliling lingkaran yang berpusat di pusarnya. Begitu detailnya ia melukis manusia Vitruvian ini. Dan pelajaran yang dapat diambil dari Da Vinci bukan hanya tentang karya seni yang indah saja, melainkan bagaimana menciptakan sebuah karya yang mencakup berbagai aspek ilmu pengetahuan di dalamnya yang berguna bagi perkembangan keilmuan di dunia, serta bagaimana pentingnya sebuah ketelitian dalam menciptakan sebuah karya. 

Mungkin hanya sedikit pemaparan yang dapat ku sampaikan, informasi ini hanya sebagai bentuk ketertarikanku pada lukisan The Vitruvian Man, dan kode-kode Da Vinci dalam karyanya yang hingga kini masih banyak menjadi misteri, akan tetapi dalam pencarian misteri tersebut banyak menyumbang bagi kemajuan ilmu pengetahuan di dunia. Meskipun, aku sendiri bukanlah seseorang yang paham tentang seni, akan tetapi setelah mendapatkan berbagai informasi tentang Vitruvian Man, aku menjadi lebih paham bahwa saat kita mempelajari satu ilmu secara komprehensif, maka ilmu tersebut dapat memengaruhi cabang ilmu yang lain. 

Referensi :
http://ergonomi-fit.blogspot.co.id/2011/05/logo-ergonomi-manusia-vitruvian
Jurnal Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[selingan] Karakteristik Guru Efektif dalam Perspektif Psikologi Pendidikan

Karakteristik Guru Efektif dalam Perspektif Psikologi Pendidikan Guru dan pendidikan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan. Guru adalah jembatan dalam pendidikan agar pendidikan dapat tersampaikan dengan baik. Menurut undang-undang nomor 14 tahun 2005 pasal 1 ayat 1 tentang guru dan dosen, guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru sebagai pengajar dipandang sebagai expert , sebagai ahli dalam bidang ilmu yang diajarkannya. Guru adalah sentral atau pusat yang menjadi panutan bagi para siswanya, sehingga guru harus memberikan teladan yang baik dan pendidikan yang tepat karena segala tingkah lakunya sering kali dicontoh oleh siswa. Guru dipandang sebagai contoh nyata manifestasi nilai yang ada dalam masyarakat. Menjadi seorang guru bukan hanya bertindak sebagai pengajar, namu...

[THIS IS MY CHOSEN ONE] Prolog

Pendidikan Luar Biasa, yang sekarang orang-orang di UPI mengenalnya dengan Pendidikan Khusus. Even tbh, aku lebih senang dengan nama Pendidikan Luar Biasa. Selain lebih mudah orang untuk mendeteksinya, namanya juga bisa memotivasi orang-orang di dalamnya menjadi orang yang luar biasa. Cause you are extra-ordinary people. Saat aku menjatuhkan hati pada Pendidikan Khusus (PKh), bukanlah hal yang mudah mengatasi gejolak batin, bukanlah hal yang mudah mengalahkan semacam rasa yang mendekati gengsi, dan bukanlah hal yang mudah meyakinkan mereka-mereka yang katanya mencintaiku tapi tidak mencintai pilihanku. Saat datang ke sekolah dan ditanya oleh ‘mereka’ aku lolos SNMPTN di jurusan apa dan dimana mereka semua berubah air mukanya. “oh kirain teh jadi Teknik Kimia” “kenapa ga ambil FMIPA aja” “padahal kalau masuk UN*AD jurusan A atau B kamu masuk kayanya” (padahal belum tentu) And many mor-e-e-e-e-e. Belum lagi pembicaraan mereka yang katanya teman orang tuaku tapi seolah seng...